Jumat, 28 Desember 2012

AUTOCAD 2011 for Civil Engineering

AutoCAD 2011! Secara umum, tidak ada fitur baru, namun pengembangan fitur yang ada cukup baik. Pendeknya, sebetulnya kita bisa melakukan hampir semua yang bisa dilakukan di AutoCAD 2011 untuk drafting. Kecuali ada tambahan attribute transparency. AutoCAD 2011 adalah salah satu yang terkemuka di dunia 2D dan 3D CAD tools. Ini memberikan fleksibilitas untuk mengeksplorasi ide-ide desain di 2D dan 3D dan menawarkan alat yang diperlukan untuk membuat mereka nyata. User interface mirip ke rilis terbaru (2009 dan 2010), dan menggunakan ribbon sepanjang menu bar atas, yang bertentangan dengan dashboard toolbar dan pendekatan yang digunakan dalam AutoCAD 2008 atau sebelumnya. Tetapi ada beberapa perbedaan: menu pull-down ruang kerja yang memungkinkan untuk dengan mudah beralih di antara 3D, pita dan antarmuka gaya klasik, menu pull-down pita, 3D baru objek terkunci termasuk sepanjang bar navigasi bawah, dan beberapa lain. Salah satu penambahan yang keren adalah properti obyek transparansi, yang dapat diterapkan pada objek atau lapisan (seperti warna atau linetype). Hal ini sangat berguna dan intuitif, tapi Kelemahan dari menggunakan transparansi adalah bahwa waktu pemrosesan selama merencanakan akan meningkat. Pada versi baru dari AutoCAD, kontrol gambar 2D parametrik ditingkatkan, dengan penambahan dua fungsi disebut Tereka Kendala dan AutoConstrain.

Konstruksi Baja Ringan

Langkah untuk mengganti konstruksi atap kayu dengan material baja ringan dan genteng metal adalah langkah tepat, karena dengan mengganti material kayu dengan material alternatif ini berarti kita juga telah membantu menyelamatkan hutan dan mencegah terjadinya bencana alam.
Sesuai dengan namanya, material ini memang sangat ringan. Bobotnya per meter persegi hanya sekitar 12 kg dibandingkan dengan rangka kayu yang bobotnya sekitar 40 kg/m2. Baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara baja konvensional. Baja ringan ini termasuk jenis baja yang dibentuk setelah dingin (cold form steel). Meskipun tipis, baja ringan memiliki kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa. Ketebalan baja ringan untuk atap ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4 mm – 1mm. Walaupun ringan tapi Anda tidak perlu khawatir karena material berbahan baku zincalume atau galvalume ini daya tahannya lebih unggul dibandingkan material kayu. Selain itu kecepatan dalam perakitan (20-30 m2/hari) dengan tenaga kerja yang lebih sedikit akan memberikan nilai ekonomis sehingga dapat menekan biaya pembangunan. Biaya per meter persegi jika ingin merenovasi atap dengan material baja ringan tergantung kualitas dan merk dagang material ini di pasaran, kisaran harganya antara 110 ribu – 180 ribu per m2. Jika dibandingkan dengan harga kayu yang tahan rayap (kelas I), tentunya harga baja ringan ini relatif murah. Jika ita mendapatkan job untuk mendesain atap baja ringan dengan SAP atau STADPRO, ada beberapa parameter yang harus kita perhatikan. Beberapa parameter tersebut adalah : Tegangan maksimum 550 MPa Kuat leleh 550 MPa Modulus geser 80.000 MPa Modulus Elastisitas 200.000 MPa Berat Jenis 7400 kg/m3 Source : Handbook Energy and Calculation with Directory of Products and Services, Pister D OSBORN. Butterworth & Co. (published), 1985, UK Peraturan Muatan Indonesia 1970, Depth. PUTL, DC DPMB 1980, Bandung Perhitungan kuda- kuda rangka baja ringan sangat berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul, jarak antar kuda- kuda semakin pendek. Misalnya untuk genteng dengan bobot 40 kg/m2 jarak kuda- kuda atap baja bisa dibuat setiap 1,4 m. Sementara bila bobot genteng mencapai 75kg/m2, maka jarak kuda- kuda atap baja ringan menjadi 1,2 m.
Kekurangan : 
 Kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon. Karena strukturnya yang seperti jaring ini maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya maksudnya jika salah satu bagian kurang memenuhi syarat keamanan, maka kegagalan bisa terjadi secara keseluruhan (biasanya perhitungan strukturnya langsung dilakukan oleh structural engineer dari aplikatornya).Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil. (makanya jarang digunakan pada bangunan tradisional…)

Kelebihan: 
 Karena bobot rangka atap yang ringan menurut konstruksi sipil maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah (jadi lebih irit strukturnya). Baja ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustible). Tidak bisa dimakan rayap (memangnya rayap makan baja atap ringan…?.)Pemasangan rangka baja relatif lebih cepat apabila dibandingkan rangka kayu. Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena panas dan dingin (itu kata aplikatornya lho).